Tip Dan Trik 18 Tips Penting Menjaga Kesehatan Ginjal (Makanan Sehat & Larangannya)

Ginjal mempunyai fungsi dan cara kerja yang luar biasa, kalau bisa dikatakan bahwa cara kerja ginjal sangat canggih.

Ginjal berfungsi menyaring zat-zat racun, zat yang sudah tidak dipakai oleh tubuh, sisa dari metabolism tubuh, materi kimia yang tidak diharapkan tubuh.

Yang sangat luar biasa bahwa pada setiap harinya ginjal memproses sekitar 200 liter darah yang disaring, yang menyaring sekitar 2 liter ‘sampah' di dlam tubuh.

 Ginjal mempunyai fungsi dan cara kerja yang luar biasa Tip dan trik  18 Tips Penting Menjaga Kesehatan Ginjal (Makanan Sehat & Larangannya)
Sumber gambar: Wikipedia.org

Kondisi fungsi ginjal yang terganggu menimbulkan tidak sempurnanya dalam menyaring zat sisa di dalam tubuh, sehingga menimbulkan penumpukan dalam darah.

Dengan fungsi ginjal yang sangat penting, maka penting juga mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal yang mengalami kerusakan menimbulkan terjadinya komplikasi menyerupai penyakit kardiovaskular, kerusakan pada saraf, dan kerusakan pada kelenjar paratiroid.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal:

#1. Atur teladan makan

Mengatur asupan kuliner yang sehat, sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal. Beberapa kuliner yang baik untuk dikonsumsi yaitu ikan, asparagus, sereal, buah semangka, jeruk, lemon dan kuliner sehat lainnya.

Seperti buah jeruk dan lemon yang sangat sehat untuk ginjal, didalamnya terkandung asam sitrat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan watu ginjal.

Makan teratur dan bergizi ialah hal sangat utama dalam menjaga dan merawat kesehatan organ ginjal.

Sangat penting secara rutin konsumsi kuliner menyerupai buah-buahan, sayur-sayuran.

Kemudian, untuk menjaga kesehatan ginjal maka hindari konsumsi kuliner olahan, batasi konsumsi garam dan batasi konsumsi gula secara berlebihan.

#2. Hindari Antibiotik

Usahakan untuk menghindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri, lantaran kandungan zat yang terdapat didalamnya bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada ginjal.

Apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah besar. Untuk mengkonsumsi antibiotik disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.


#3. Konsumsi air yang cukup

Komsumsilah air putih yang cukup, akan tetapi hindari minuman yang bersoda. Minumlah air putih dengan sedikitnya 9 gelas air putih dalam sehari.

Adapun orang-orang yang ternyata sudah terkena watu ginjal, maka perbanyak konsumsi air putih. Ini sangat berkhasiat untuk mengurangi resiko pembentukan watu ginjal yang baru.

Air putih juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh pada tubuh. Bermanfaat untuk membantu ginjal dalam mengeluarkan garam, urea, dan semua racun yang ada di dalam tubuh.

#4. Jangan menahan buang air kencing

Ketika Anda ada harapan untuk kencing (buang air kecil), maka segera lakukan. Sangat berbahaya kalau ditahan-tahan untuk buang air kecil lantaran sanggup merusak ginjal.

Hal itu lantaran menahan-nahan buang air kecil menimbulkan sisa-sisa sampah hasil metabolisme tubuh dan racun akan mengendap, sehingga akan membentuk kristal (atau dikenal dengan watu ginjal).

#5. Hindarilah minuman soda

Ternyata cukup 2 kaleng soda dalam sehari sanggup menciptakan ginjal Anda rusak. Namun penelitian terbaru memperlihatkan bahwa minum dua kaleng minuman soda sehari sudah bisa mengakibatkan kerusakan ginjal

Hasil ini didapatkan peneliti di University of Japan sesudah mengamati 12.000 karyawan melalui tes urine.

Hasilnya memperlihatkan bahwa karyawan yang minum dua kaleng minuman soda atau lebih dalam sehari mempunyai lebih banyak protein pada urine mereka, dibandingkan dengan karyawan yang meminum sedikit minuman soda atau tidak sama sekali.

Adanya protein pada urine membuktikan adanya duduk kasus pada organ ginjal. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Penelitian lain yang dilakukan pada obyek tikus memperlihatkan bahwa mengonsumsi banyak fruktosa kuat jelek terhadap organ ginjal.

Penelitian juga menjelaskan bahwa adanya protein pada urine bisa menajdi tanda awal dari resiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Konsumsi soda berakibat meningkatnya peresapan garam oleh sel pada ginjal, yang sanggup memicu resiko ancaman diabetes, obesitas, gagal ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dijelaskan oleh peneliti di case Western reserve University. Penelitian memperlihatkan bahwa orang yang mempunyai ginjal normal sekalipun beresiko mengalami kerusakan ginjal kalau terlalu banyak minum-minuman bersoda.

Jika Anda selama ini banyak minum soda, bahkan lebih dari dua kaleng sehari. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

loading...

#6. Olahraga dengan teratur

Dengan melaksanakan Olahraga maka ada banyak manfaat yang didapat, menyerupai salah satunya sanggup menyehatkan organ ginjal semoga sanggup bekerja dengan maksimal nantinya.

Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, untuk mencegah terjadinya hal jelek pada ginjal.

Olahraga menciptakan proses pembentukan urin menjadi lancar.

#7. Stop konsumsi pereda nyeri

Obat kimia intinya sanggup menciptakan beban kerja ginjal menjadi berat, apabila memang tidak terlalu darurat untuk menggunakannya.

Maka lebih baik hindari mengkonsumsi obat pereda nyeri yang juga merupakan obat kimia.

#8. Jangan merokok dan minuman ber-alkohol

Nikotin yang terkandung di dalam rokok menjadi penyebab utama terjadinya gangguan ginjal. Merokok menimbulkan terhambat nya fatwa darah ke ginjal.

Sehingga pasokan darah ke ginjal menurun, dengan begitu fungsi ginjal menjadi menurun. Beberapa penelitian menyatakan bahwa merokok sanggup meningkatkan resiko kanker ginjal sampai 50%.

Merokok sanggup merusak pembuluh darah, yang mengurangi fatwa darah di ginjal. Ketika ginjal tidak mempunyai fatwa darah yang mencukupi, menimbulkan ginjal tidak sanggup berfungsi dengan baik.

Merokok meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan risiko kanker ginjal.

Selain itu, jangan mengkonsumsi alkohol, lantaran sanggup meningkatkan tekanan darah, yang karenanya sanggup berujung terjadinya gangguan pada organ ginjal.

Alkohol sanggup menimbulkan terjadinya kekurangan cairan tubuh pada tubuh, apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

#9. Jaga berat badan

Berat tubuh yang berlebih menimbulkan banyak duduk kasus kesehatan, lemak yang tertimbun di perut dan sekitarnya sanggup menimbulkan menurunnya fungsi ginjal dan meningkatkan tekanan darah.

 Ginjal mempunyai fungsi dan cara kerja yang luar biasa Tip dan trik  18 Tips Penting Menjaga Kesehatan Ginjal (Makanan Sehat & Larangannya)
Photo credit: Pxhere.com

Tingginya tekanan darah ini amatlah buruk, lantaran merusak pembuluh darah pada ginjal, sehingga kemampuan ginjal dalam menyaring sampah dan sisa metabolisme tubuh yang dibawa darah, menjadi terhambat.

Loading...

#10. Tubuh aktif Bergerak

Orang rajin akan cenderung mempunyai ginjal yang sehat. Oleha krena itu, aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan. Membiasakan diri untuk menggerakan tubuh memperlihatkan manfaat besar bagi kesehatan tubuh secara umum.

#11. Miliki kualitas tidur yang baik

Kurang tidur serta tidur larut malam bisa mempengaruhi kesehatan ginjal secara bertahap. Ketidak seimbangnya metabolisme tubuh akan menimbulkan duduk kasus pada kinerja ginjal.

Tidur yang berkualitas ialah tidur di awal waktu, paling usang tidur jam 9 malam. Ketika tidur matikan lampu, sehingga tidur dalam kondisi gelap gulita. Hal ini memperlihatkan manfaat besar, tidak hanya untuk kesehatan ginjal, tetapi juga untuk kesehatan otak, jantung serta memperbaiki kondisi psikologis.
#12. Kontrol tekanan darah

Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Dalam rentang waktu lima tahun, data dari IRR menunjukan bahwa sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

#13. Hilangkan kebiasaan buruk

Termasuk kebiasaan jelek kalau bekerja berlebihan sehingga tidak sempat istirahat. Jika memang sangat sibuk bekerja keras, pastikan bahwa anda tidak kekurangan cairan tubuh dengan menyiapkan sebotol air putih.

Adapun kebiasaan menyerupai merokok, minum-mnuman alkohol, sampai minuman bersoda. Semuanya itu tidak diragukan lagi berbahaya bagi organ ginjal.

#14. Menjaga kadar gula tubuh

Penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal mempunyai keterkaitan. Sehingga banyak dari penderita diabetes yang akhirrnya juga mempunyai duduk kasus pada organ ginjalnya.

Oleh lantaran itu, termasuk perjuangan menjaga kesehatan ginjal, Anda menjaga kadar gula di dalam tubuh semoga tidak melonjak tinggi. Pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan manis.


#15. Jangan bermudah-mudahan dalam mengkonsumsi obat

Banyak mengkonsumsi obat, memperlihatkan dampak pada beratnya kerja jantung, selain itu juga menciptakan kerja organ ginjal semakin berat.

Oleh lantaran itu, mengonsumsi obat tidaklah boleh main-main. Komsumsilah obat kalau benar-benar diperlukan. Ada baiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tertenu, terutama pada obat yang mengandung zat yang keras.

#16. Jangan banyak konsumsi kuliner asin

Banyak konsumsi kuliner yang asin dikhawatirkan memperlihatkan dampak jelek bagi organ ginjal.

Oleh lantaran itu, gunakan rasa secukupnya (kalau bisa diminimalisir), hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Konsumsi garam berlebihan, bisa berakibat mengendap di dalam tubuh, yang karenanya bisa menjadi watu ginjal.

Perlu diketahui, kuliner kaleng dan camilan biasanya memilki kandungan garam tersembunyi.

#17. Hindari stres

Stres bisa mengakibatkan duduk kasus pada kinerja ginjal, sehingga memicu penyakit ginjal. Selain itu stres apat membahayakan organ jantung dan membahayakan kondisi tubuh secara umum.

Anda harus mengkondisikan tubuh semoga sanggup selalu rileks, hindari pikiran yang berat, buat pikiran menjadi tenang, jangan melaksanakan sesuatu secara tergesa-gesa, dan semacamnya.

#18. Hati-hati dalam konsumsi komplemen dan obat herbal

Salah atau berlebihan dalam konsumsi komplemen vitamin tertentu dan beberapa ekstrak herbal sanggup membahayakan organ ginjal.

Jika Anda mengalami duduk kasus pada organ ginjal, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai vitamin dan herbal yang inign digunakan.

Penutup
Jangan lupa menilik kesehatan ginjal, terutama untuk yang menderita penyakit diabetes, hipertensi dan obesitas.

Dan beberapa obat pereda nyeri menyerupai ibuprofen bisa merusak ginjal kalau dikonsumsi secara terus menerus.

Beberapa kuliner yang sehat untuk dikonsumsi yaitu: Buah Strawberry, Labu siam, Buah Ceri, Buah Semangka, Kacang merah, daun kemangi, buah delima tua, apel hijau atau apel malang, anggur, kembang kol, sayur buncis, lobak tua, siung bawang putih, siung bawang merah, minyak zaitun asli, mentimun, paprika merah, ikan tuna, wortel, buah naga, tomat, manggis.

Referensi:
  1. 7 Secrets to Keeping Your Kidneys Healthy - Clevelandclinic.org
  2. Keep Your Kidneys Healthy- Nih.gov
  3. 8 Golden Rules (Take Care of Your Kidneys) - Worldkidneyday.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip Dan Trik 36 Situs Mencar Ilmu Online Terbaik (Untuk Meningkatkan Skill & Menambah Pintar)

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova