Tip Dan Trik 23 Tips Ampuh Melatih & Mengoptimalkan Otak Kiri

Melatih otak kiri secara benar akan meningkatkan keterampilan logis dan analisa.

Otak insan menyerupai diketahui terdiri dari dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri.

Para hebat menyampaikan bahwa setiap bab dari otak bekerjasama dengan keterampilan yang berbeda-beda.

 Melatih otak kiri secara benar akan meningkatkan keterampilan logis dan analisa Tip dan trik  23 Tips Ampuh Melatih & Mengoptimalkan Otak Kiri
Sumber gambar: Wikimedia.org

Otak kiri dinilai bekerjasama dengan kemampuan logika, penalaran, keterampilan numerik, menulis, dan berbicara.

Otak kanan bekerjasama dengan kemampuannya menggambar, melukis, menciptakan pandangan gres dan kreatif.

Mungkin saja Kamu mendengar ada istilah “orang dengan otak kiri” ataupun “orang berotak kanan”, 

Istilah menyerupai itu digunakan kepada orang-orang yang mempunyai satu keterampilan tertentu.

Orang yang mayoritas dengan otak kiri, akan menjadi orang yang bersifat logis, juga umumnya mempunyai kemampuan memori yang baik, guna membantu mereka untuk sanggup berpikir logis.

Dengan melatih otak kiri, bermanfaat untuk meningkatkan linguistik, cara berpikir yang logis, dan kemampuan menganalisa.

Cara melatih otak kiri:

#1. Membiasakan Diri Menulis

Membiasakan diri untuk menulis sangat bemanfaat untuk melatih otak kiri. Kamu bisa menulis hal-hal sederhana di buku harian, atau juga menulis di blog.

Yang perlu dilakukan ialah menemukan sebuah topik yang diminati, kemudian tuangkan isi hati untuk menulis secara bebas.

Saat menulis, Anda lebih banyak berpikir. Jika masih bingung, mulailah menulis kegiatan sehari-hari atau sesuatu yang berkaitan dengan hobi.

Buat goresan pena yang sederhana saja sebagai langkah awal. Hingga kemudian menulis sesuatu yang lebih kompleks.

#2. Mencoba Sesuatu yang Baru

Para hebat menyatakan bahwa dengan berguru keterampilan gres maka sanggup mengasah otak.

Kamu sanggup melaksanakan beberapa hal yang baru, menyerupai berguru bahasa absurd yang nantinya Kamu akan berguru setiap aspek dari bahasa, menyerupai ejaan, kosakata, tata bahasa dan struktur kalimat.

Kamu sanggup melaksanakan banyak hal lainnya, dengan mencoba melaksanakan hal-hal yang baru, maka akan menantang dan melatih otak.


#3. Rajin Membaca Setiap Waktu

Otak kiri sangat bekerjasama dengan kosa kata dan ejaan, membaca melatih kemampuan otak dan juga menciptakan otak selalu aktif.

Kamu sanggup membaca banyak sekali hal yang Kamu senangi, yang nantinya juga bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan-mu.

Banyak-banyaklah membaca, kegiatan ini menjadi latihan dasar yang manis bagi otak. Kamu bisa membaca hal apapun, tapi utamakan yang mempunyai manfaat besar bagi kehidupanmu.

#4. Jangan Paksakan Diri

Jangan paksakan diri untuk berfikir secara terus-menerus dalam keadaan yang sudah jenuh. Apabila lapar maka segera makan.

Apabila bosan maka Kamu bisa keluar sampai rasa bosan hilang. Demikian juga ketika jenuh maka carilah aktifitas yang menyenangkan.

#5. “Better Done Than Perfect”

Yaitu semua ialah ihwal kemampuan untuk berusaha maksimal mengerjakan sesuatu, bukan ihwal kesempurnaan.

Sehingga tidak perlu mencari kesempurnaan dari suatu hal, yang justru akan membebani dan menyusahkan diri sendiri.

#6. Cobalah Berkreasi Bersama Orang Lain

Ketika mengerjakan sesuatu hal, maka Kamu bisa melakukannya dengan berkolaborasilah dengan orang lain.

Karena bekerja sendiri malah menciptakan kita mati pandangan gres dan kreatifitas, sehingga butuh sobat yang nantinya bisa memasukan pandangan gres dan kreatifitas.

#7. Bermain Game Puzzle

Bermain game ialah cara yang menyenangkan untuk melatih otak. Kamu bisa mengisi teka-teki silang (TTS), bermain jigsaw atau bermain puzzle (game) yang sanggup mengasah otak kiri Kamu dengan cara yang menyenangkan.

Kamu juga bisa bermain scrabble, yang membantu Kamu untuk bermain membangun kosakata dan juga meningkatkan keterampilan mengolah kata-kata.


#8. Menambah Kosa Kata dan Mempelajari Bahasa Baru

Tambahlah kosa kata gres setiap hari. Pelajari kata-kata baru, bisa berasal dari kamus maupun buku-buku yang dibaca.

Hal ini bisa menjadi sarana latihan bagi otak, dan meningkatkan sisi pengetahuan berbahasa.

Belajar bahasa baru, melatih kemampuan otak dalam menyimpan informasi baru. Bentuk latihan semacam akan menjaga kesehatan otak.

Dan siapa tahu, kebiasaan mempelajari bahasa dan kosa kata ini bermanfaat sebagai pendukung Kamu dalam mencari pekerjaan di masa depan.

#9. Memecahkan Masalah

Sering menuntaskan banyak sekali duduk kasus sangat melatih otak. Apabila Kamu selama ini selalu saja menghindar dari masalah, maka ubahlah  sekarang.

Mulailah menerapkan pada diri sendiri untuk menghadapi banyak sekali duduk kasus yang datang. Hal ini sangat baik, daripada terus lari dari masalah.

Menghadapi duduk kasus bukan berarti mencari-cari masalah. Ingat, itu berbeda sama sekali.

Menyelesaikan duduk kasus tidak selalu dirundung situasi yang tidak mengenakkan, justru menuntaskan duduk kasus akan sangat menyenangkan. Tergantung cara Kamu berpikir, untuk itu terapkanlah untuk selalu berpikir positif.

#10. Matikan TV

Berlama-lama di depan TV berarti Anda membiarkan otak cenderung tidak berpikir. Hal itu dikala menonton TV, otak hanya mengikuti apa yang disuguhkan di dalam acara TV.

Apabila Kamu ingin menonton TV, disarankan menentukan acara yang edukatif, dan yang semacamnya.

#11. Mengubah Rutinitas

Rutinitas yang sama dalam setiap harinya akan menciptakan otak menjadi jenuh, yang embuat kerja otak tidak maksimal.

Kamu perlu merangsang otak untuk terus bekerja. Kamu bisa melaksanakan hal sederhana, contohnya dengan mengubah rute pulang dan pergi perjalanan ke kantor.

#12. Mengisi TTS dan Sudoku

Mengisi teka-teki yang edukatif bisa merangsang otak untuk berpikir dan menajamkan memori. Demikian juga Sudoku, sanggup melatih otak untuk mengenal angka-angka dengan cepat.

loading...

#13. Terapi Eight Game

Pura-puralah menulis angka ‘delapan tidur’ di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bermanfaat untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan.

#14. Terapi Thumb Game

Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan.

Sebaliknya, acungkanlah jempol ajun dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri.

#15. Makanan yang Sehat Untuk Otak

Komsumsi masakan yang sehat, menyerupai daging sapi, kuning telur dan ikan. Tetapi jangan berlebihan dalam konsumsi telur dan daging, alasannya ialah bisa memicu tingginya kolesterol dan lemak di dalam tubuh.

#16. Coba melaksanakan hal-hal yang belum kau kuasai. Hal ini sanggup melatih dan menciptakan otak berfikir yang berbeda dari biasanya.

#17. Mencoba untuk berani dalam menambah beberapa acara atau pekerjaan. Sehingga Kamu tetap aktif. Tentunya juga dengan perhitungan yang matang, yang sesuai dengan kemampuan.

#18. Dari waktu ke waktu selalu berguru dan berfikir sederhana. Hal ini membantumu semoga sanggup lebih efisien untuk menuntaskan pekerjaan atau aktifitas.

#19. Melatih kemampuan untuk menghubungkan banyak hal semoga nantinya bisa menuntaskan pekerjaan dengan lebih optimal.

#20. Kamu harus selalu berusaha melawan rasa takut, sehingga dengan menghadapi rasa takut ini justru sanggup merangsang kita untuk bisa berbuat lebih baik, dengan cara yang berbeda

#21. Ketika ingin menulis, maka buatlah goresan pena kau dalam bentuk yang sangat sederhana, ini ialah lebih baik dari pada terlalu berlebihan dalam menulis tetapi isinya sama saja.

#22. Betapa banyak ha-hal yang kita anggap sampah, akan tetapi itu menjadi harta yang sangat berharga bagi orang lain. Untuk itu jangan sia-siakan apapun di dalam kehidupan kamu.

#23. Jangan hanya merencanakan saja, tetapi biasakan untuk melaksanakan apa yang kau rencanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip Dan Trik 36 Situs Mencar Ilmu Online Terbaik (Untuk Meningkatkan Skill & Menambah Pintar)

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova