Tip Dan Trik Masakan Pantangan Dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sakit

Ketika seseorang mengalami sakit tertentu yang menyerang tubuhnya, maka umumnya mereka akan muncul perasaan menyerupai tidak mau untuk menyantap kuliner tertentu.

Hal lainnya, ada beberapa jenis kuliner yang tidak baik dikonsumsi ketika sakit, justru dikonsumsi banyak lantaran terlihat lebih enak berdasarkan perasaannya.

Padahal kuliner tersebut sangat tidak baik dikonsumsi ketika sakit.

Untuk itu, penting mengetahui kuliner mana yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari ketika sakit menyerang.

Hal ini sangat penting diketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 Ketika seseorang mengalami sakit tertentu yang menyerang tubuhnya Tip dan trik  Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit
Makanan Yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya | Sumber gambar: Pixabay.com

Berikut di bawah klarifikasi wacana beberapa jenis penyakit, beserta kuliner yang disarankan (anjuran) dan pantangan dikonsumsi.

1. Diare
Makanan sebaiknya dikonsumsi ketika Diare
Terdapat beberapa hal yang mengakibatkan seseorang terjangkit penyakit diare, menyerupai lantaran serangan virus ataupun juga dari keracunan makanan.

Untuk itu, jikalau diare juga disertai dengan sakit demam (dan utamanya disebabkan dari lantaran yang disebutkan diatas) maka hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter. Guna menghindari hal yang buruk.

Terutama lagi apabila terdapat darah pada feses, mengalami mual bahkan hingga hingga muntah.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk orang yang mengalami diare yaitu buah pisang, serta jangan lupa untuk makan nasi.

Anda bisa mengkonsumsi saus apel, roti panggang, kentang rebus, biscuit asin, dan ayam panggang tanpa kulit, teh, yogurt, roti, jelly dan apel. Semua kuliner tersebut relatif kondusif dikonsumsi oleh penderita diare.

Ketika diare, badan kehilangan banyak cairan, menimbulkan badan gampang mengalami dehidrasi. Sehingga perbanyak minum cairan yang mengandung elektrolit, menyerupai yang paling umum yaitu air putih.

Anda juga bisa konsumsi kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau juga LGG (larutan gula garam).

Secara umum kuliner bagi penderita diare yang paling baik untuk dikonsumsi yaitu yang mempunyai sifat gampang dicerna, sanggup mengentalkan feses serta memenuhi kebutuhan cairan badan dengan baik.

Makanan pantangan bagi penderita diare
Untuk kuliner yang harus dihindari bagi penderita diare, yaitu jenis kuliner yang berlemak, kuliner yang digoreng, berminyak dan bersantan kental.

Makanan dengan jenis tersebut menciptakan kondisi diare lebih buruk. Kemudian kurangi konsumsi susu jikalau Anda sering mengkonsumsinya setiap hari. Demikian juga batasi konsumsi mentega, es krim, dan keju.

Jangan konsumsi makanan-makanan tersebut hingga penyakit diare benar-benar sembuh.

Dan sudah pasti, jangan mengonsumsi minuman alkohol dan kafein.

Alkohol dan kafein merupakan pantangan terbesar untuk penderita diare lantaran bersifat membuang cairan tubuh, yang memperburuk kondisi dehidrasi.

Kemudian hindari kuliner yang mengakibatkan gas berlebih, walaupun itu berasal dari jenis sayur-sayuran menyerupai kubis atau kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol. Semuanya menjadi pantangan bagi penderita diare.

Beberapa pantangan lainnya yaitu sorbitol, suplemen buatan, permen, permen karet dan minuman diet.

Makanan yang berisi suplemen buatan juga harus dihindari.

Secara umum kuliner pantangan diare yang harus dihindari yaitu yang sifatnya susah dicerna, menimbulkan pembuangan cairan badan sehingga badan mengalami kehilangan cairan tubuh parah, dan  dapat mengiritasi akses pencernaan, yang memperparah diare.


2. Sembelit
Makanan yang baik dikonsumsi ketika mengalami sembelit
Sembelit terjadi ketika badan dalam keadaan kekurangan kuliner berserat, menyerupai biji-bijian utuh, buah ataupun sayur-sayuran.

Ketika mengalami sembelit, kuliner yang sebaiknya dikonsumsi yaitu roti biji utuh (yang kaya serat), brokoli, kacang-kacangan, buah pir, dan apel.

Penuhi kebutuhan minum air putih, untuk kebutuhan cairan tubuh. Bermanfaat untuk membantu merangsang fungsi pencernaan.

Makanan tersebut sangat baik untuk mengatasi sembelit, Anda sanggup memperbanyak konsumsi kuliner yang kaya serat menyerupai sereal, roti gandum, buah dan sayuran.

Buah yang disarankan dimakan bersama kulitnya (sebelumnya dibersihkan dahulu dengan air) yaitu apel, pir, anggur dan tomat. Semuanya kaya akan serat.

Makanan pantangan untuk penderita sembelit
Penyakit sembelit terkadang bagi sebagian orang dianggap enteng saja, padahal jikalau dibiarkan terus-menerus tanpa adanya upaya untuk mengatasinya, sanggup berdampak jelek bagi kesehatan, dan kemungkinan terburuk yaitu kanker.

Beberapa kuliner pantangan untuk penderita sembelit menyerupai cokelat, produk susu, obat nyeri, suplemen besi, beberapa obat untuk darah, obat antidepressant.

Kemudian kuliner olahan menyerupai kuliner beku, pizza, burger dan semacamnya (apalagi junk food), daging merah menyerupai daging kambing dan sapi, kafein dan kuliner berminyak.

Semua jenis kuliner tersebut harus Anda hindari lantaran sanggup memperburuk sembelit yang diderita.

3. Mual
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika Mual
Rasa mual yang diderita akan menimbulkan kuliner yang biasanya enak secara tiba-tiba menjadi terasa tidak enak.

Untungnya, terdapat kuliner yang sempurna dan membantu menenangkan asam lambung.

Makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami mual yaitu roti kering, biscuit asin, sereal, teh jahe, teh lemon, irisan lemon segar, peppermint

Makanan pantangan ketika merasa mual
Makanan yang sebaiknya dihindari (pantangan) ketika merasa mual yaitu jenis kuliner yang berminyak, pedas, kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi.

Semuanya itu akan menimbulkan rasa mual menjadi bertambah buruk.

4. Sakit Radang Tenggorokan 
Berdasarkan klarifikasi dari Lauren Slayton, RD (penulis The Little Book of Thin) bahwa ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, maka ada sejumlah kuliner yang berfungsi melindungi tenggorokan dan meredakan nyeri.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, menyerupai teh peppermint hangat yang mempunyai pengaruh analgesic dan anesthetic, madu manuka yang mempunyai fungsi penyembuh luka.

Kemudian beberapa kuliner lunak dan lembut menyerupai yoghurt, sup krim, kentang tumbuk dan telur orak-arik.

Makanan pantangan yang perlu dihindari yaitu keripik kentang, kacang-kacangan, minuman panas, granola.

5. Sakit Kepala
Terjadinya kehilangan cairan tubuh menjadi lantaran utama dari terjadinya peristiwa sakit kepala. Untuk itu, sangat disarankan konsumsi yaitu air putih, dan jaga kondisi badan semoga jangan hingga kekurangan cairan tubuh.

Sebenarnya kafein atau kopi sanggup menciptakan Anda dehidrasi, akan tetapi jikalau mengkonsumsi kopi dalam takaran atau jumlah sedikit (satu cangkir) maka tidak mengapa. Bahkan bisa mengurangi tanda-tanda sakit kepala.

Adapun Makanan yang sebaiknya dihindari, yang sanggup memicu rasa sakit kepala yaitu MSG (seperti saus dan kecap asin), suplemen buatan, keju yang mengandung tiramin, cokelat, anggur merah, hotdog, dan jenis buah kering.

Kandungan tiramin sanggup menimbulkan meningkatnya tekanan darah, yang memicu rasa sakit kepala.

loading...

6. Sakit Nyeri Otot
Berdasarkan klarifikasi Kristine Arthur, MD (internist di Orange Coast Memorial Medical Center Fountain Valley, California) bahwa kuliner yang mengandung magnesium atau kalsium membantu meredakan rasa nyeri otot yang umum.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami nyeri otot yaitu kuliner kaya magnesium dan kalsium, menyerupai sayuran daun hijau, kacang-kacangan, pisang, alpukat, salmon kaleng, yoghurt dan jus jeruk. Kemudian perbanyak juga untuk minum air putih.

Adapun kuliner pantangan ketika sakit nyeri otot yaitu alkohol, kafein, dan aneka macam kuliner atau minuman yang menimbulkan badan dehidrasi, yang sanggup memperburuk nyeri otot.

7. Sakit Telinga
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami sakit indera pendengaran yaitu cairan bening dan sup ayam, asam omega 3 menyerupai yang terkandung pada salmon dan kacang-kacangan.

Serta konsumsi kuliner yang mengandung vitamin C menyerupai sayuran hijau, buah beri dan sitrus.

Adapun kuliner pantangan ketika mengalami sakit indera pendengaran yaitu susu (yang menciptakan lendir menjadi kental dan memperburuk sumbatan pada telinga), kuliner olahan dan kemasan yang memperparah peradangan.

8. Sakit Gatal dan Ruam
Gatal-gatal atau ruam bisa menjadi simtom alergi, untuk itu penting mengetahui kuliner yang memicu ruam pada kulit.

Makanan pantangan kuliner untuk penderita gatal atau ruam pada kulit yaitu kacang-kacangan, kerang, kepiting, cumi-cumi, lobster, udang. Perlu dibatasi (boleh sesekali) yaitu cokelat, ikan, tomat, telur, susu, beri dan kedelai.

Demikian menyerupai yang dijelaskan oleh Debra Jaliman, MD, seorang dermatology.

9. Hidung Meler
Ketika pilek maka yang sangat tidak mengenakan yaitu hidung meler. Ketika mengalami hal demikian, disarankan untuk mandi dengan air hangat, kemudian minum teh hangat yang menciptakan jiwa lebih hening dan fresh.

Untuk kuliner yang sebaiknya dikonsumsi yaitu teh jahe. Hal itu lantaran jahe mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat membersihkan pilek lebih cepat.

Kemudian disarankan konsumsi sari apel dan lemon yang dimasukan dalam air, minum air putih yang banyak, utamakan yang hangat.

Adapun kuliner pantangannya yaitu alkohol dan kuliner berempah yang sanggup menimbulkan hidung bertambah meler dan semakin parah.

10. Hidung Tersumbat
Masalah pilek dan flu memang bisa mengiritasi dan menimbulkan pembuluh darah meradang di hidung, dan sanggup menimbulkan sulit bernapas.

Untuk itu kuliner yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat yaitu berupa susu dengan tambahan kunyit, atau rempah yang mengandung materi antiinflamasi.

Masukkanlah sekitar dua cangkir susu almond yang ada di dalam panci, dan ditambah satu sendok teh kunyit kering, satu sendok teh jahe kering, sedikit lada hitam dan juga madu.

Kemudian panaskan beberapa ketika (hingga panas), kemudian diamkan sekitar 10 menit, minum selagi hangat. Resep ini sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat.

Makanan pantangan penderita hidung tersumbat yaitu kuliner yang berempah, gula dan susu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip Dan Trik 36 Situs Mencar Ilmu Online Terbaik (Untuk Meningkatkan Skill & Menambah Pintar)

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova

Download Nanatsu No Taizai Season 1 (Episode 01 - 24) Sub Indo & Ova